Perkembangan Handphone / Telephon Genggam

Advertisement
advertisement

Perkembangan Handphone / Telephon Genggam

Perkembangan Handphone / Telephon Genggam
Perkembangan Handphone / Telephon Genggam

Generasi 0
Handie-talkie SCR536

Sejarah penemuan handphone tidak lepas dari pergantian radio. Awal penemuan handphone dimulai pada th. 1921 waktu Departemen Kepolisian Detroit Michigan cobalah menggunakan telephone mobil satu arah. Lantas, pada th. 1928 Kepolisian Detroit mulai menggunakan radio komunikasi satu arah regular pada semuanya mobil patroli dengan frekuensi 2 MHz. pada pergantian kemudian, radio komunikasi berkembang jadi dua arah dengan ‘’frequency modulated ‘’ (FM). Harga Handphone Terbaru.

Th. 1940, Galvin Manufactory Corporation (sekarang ini Motorola) tingkatkan portable Handie-talkie SCR536, yang berarti satu alat komunikasi di medan perang saat perang dunia II. Sekarang ini yaitu generasi 0 handphone atau 0-G, dimana handphone mulai diperkenalkan. Samsung.

Setelah mengeluarkan SCR536, lantas pada th. 1943 Galvin Manufactory Corporation mengeluarkan kembali portable FM radio dua arah pertama yang diberi nama SCR300 dengan type backpack untuk tentara U. S. Alat ini memiliki berat sekitar 35 pon dan dapat bekerja lewat cara efektif dalam jarak operasi 10 sampai 20 mil. Harga Handphone dan Laptop Terbaru 2015.

Sistem handphone 0-G tetap masih menggunakan satu sistem radio VHF untuk menghubungkan telephone lewat cara selekasnya pada PSTN landline. Kekurangan sistem ini yakni persoalan pada jaringan kongesti waktu lalu menyebabkan usaha-usaha untuk ubah sistem ini.

Generasi 0 disudahi dengan penemuan gagasan modern oleh insinyur-insinyur dari Bell Labs pada th. 1947. Mereka dapatkan gagasan penggunaan telephone hexagonal sebagai basic handphone. Namun, gagasan ini baru dikembangkan pada 1960-an.

Generasi I
Telephone genggam generasi 1G

Telephone genggam generasi pertama disebut juga 1G. 1-G yaitu telephone genggam pertama yang sebenarnya. Th. 1973, Martin Cooper dari Motorola Corp dapatkan handphone pertama dan diperkenalkan pada umum pada 3 April 1973. Handphone yang diketahui oleh Cooper memiliki berat 30 ons atau sekitar 800 gr. Penemuan inilah yang telah mengubah dunia selamanya. Teknologi yang digunakan 1-G tetap masih berupa analog dan dikenal dengan makna AMPS. AMPS menggunakan frekuensi pada 825 Mhz- 894 Mhz dan dioperasikan pada Band 800 Mhz. Karena berupa analog, jadi sistem yang digunakan tetap masih berupa regional. Salah satu kekurangan generasi 1-G yakni karena ukurannya yang terlalu besar untuk dipegang oleh tangan. Ukuran yang besar ini lantaran kebutuhan tenaga dan performa baterai yang kurang baik. Selain itu generasi 1-G tetap masih memiliki persoalan dengan mobilitas pengguna. Saat kerjakan panggilan, mobilitas pengguna terbatas pada jangkauan ruangan telpon genggam.

Generasi II
Telephone genggam th. 1996

Generasi ke-2 atau 2-G terlihat pada sekitar th. 1990-an. 2G di Amerika sudah menggunakan teknologi CDMA, tengah di Eropa menggunakan teknologi GSM. GSM menggunakan frekuensi standard 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz. Dengan frekuensi itu, GSM memiliki kekuatan pelanggan yang makin besar. Pada generasi 2G sinyal analog sudah diganti dengan sinyal digital. Penggunaan sinyal digital memperlengkapi telephone genggam dengan pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS. Handphone pada generasi ini bisa memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih mudah karena penggunaan teknologi chip digital. Ukuran yang lebih kecil juga lantaran kepentingan tenaga baterai yang lebih kecil. Keunggulan dari generasi 2G yakni ukuran dan berat yang lebih kecil serta sinyal radio yang lebih rendah, sampai kurangi efek radiasi yang membahayakan pengguna.

Generasi III
Ponsel 3-G

Generasi ini disebut juga 3G yang sangatlah mungkin saja operator jaringan untuk berikanlah pengguna mereka jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Dalam 3G ada 3 standard untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. Kekurangan dari generasi 3G ini yakni biaya yang relatif lebih tinggi, dan kurangnya cakupan jaringan karena tetap masih barunya teknologi ini. Tetapi yang menarik pada generasi ini yakni mulai dimasukkannya sistem operasi pada ponsel sampai buat fitur ponsel semakin lengkap bahkan mendekati faedah PC. Sistem operasi yang digunakan salah satunya Symbian, Android dan Windows Mobile. Harga HP Baru

Generasi IV

Generasi ini disebut juga Fourth Generation (4G). 4G yaitu sistem ponsel yang menawarkan pendekatan baru dan jalan keluar infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), 802. 16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dsb. Sistem 4G berdasarkan pada heterogenitas jaringan IP yang sangatlah mungkin saja pengguna untuk menggunakan berbagai sistem setiap waktu dan dimanapun. 4G juga berikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi bermacam teknologi berbeda. Terakhir, 4G berikan service pengiriman data cepat untuk mengakomodasi bermacam aplikasi multimedia seperti, video conferencing, online game, dsb.
Advertisement
advertisement
Perkembangan Handphone / Telephon Genggam | Sara Felicia Dennis | 5